SISTEM PAKAR


Berikut ini adalah pengetahuan tentang sistem pakar yang saya pelajari selama skripsi, semoga bermanfaat ya….🙂

Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat melakukan pekerjaan seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu.

Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang menyamai (emulates) kemampuan pengambilan keputusan dari seorang pakar. Istilah emulates berarti bahwa sistem pakar diharapkan dapat bekerja dalam semua hal seperti seorang pakar. Suatu emulasi jauh lebih kuat dari pada suatu simulasi yang hanya membutuhkan sesuatu yang bersifat nyata dalam bebrapa bidang atau hal (Arahmi, 2005).

Sistem pakar mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 1960-an oleh Artificial Inteligence Corporation. Pada periode ini, penelitian Artificial Inteligence didominasi oleh suatu keyakinan bahwa nalar yang digabungkan dengan komputer yang canggih akan menghasilkan prestasi pakar atau bahkan manusia super. Arah pengembangan dari sub bidang artificial intelligence adalah General Problem Solver (GPS). GPS merupakan prosedur dikembangkan oleh Allen Newell, John Cliff Show, dan Herbert Alexander Simon dari logic Theorist dengan tujuan untuk menciptakan mesin yang cerdas. GPS merupakan predecessor menuju Expert System(ES).

Pada pertengahan tahun 1960-an terjadi pergeseran dari program serba bisa (general purpose) menjadi program spesialis (spesialis purpose) dengan perkembangan DENDRAL yaitu suatu sistem mengidentifikasi struktur molekul suatu komposisi kimia yang dikembangkan oleh F.Feigenbaum dari Universitas Stanford dan kemudian diikuti oleh MYCIN.

Sistem pakar untuk melakukan diagnosis kesehatan dikembangkan sejak pertengahan tahun 1970. Sistem pakar untuk melakukan diagnosis pertama dibuat oleh Bruce Buchanan dan Edward shortliffe di Stanford University. Sistem ini diberi nama MYCIN (Heckerman, 1986). MYCIN merupakan program interaktif yang melakukan diagnosis penyakit miningitis dan infeksi bacrenia serta memberikan rekomendasi terapi anti mikrobia. MYCIN mampu memberikan penjelasan atas penalarannya secara detail. Dalam uji coba, MYCIN mampu menunjukkan kemampuan seperti seorang spesialis.

Keuntungan Dan Kelemahan Sistem Pakar
Sistem pakar merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti kedokteran, pendidikan dan sebagainya. Sistem pakar memiliki keuntungan diantaranya sebagai berikut:
a. Membuat seorang yang awam dapat bekerja seperti seorang pakar.
b. Dapat bekerja dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti.
c. Meningkatkan output dan produktivitas. Sistem pakar dapat bekerja lebih cepat dari manusia.
d. Menyediakan nasihat yang konsisten dan dapat mengurangi tingkat kesalahan.
e. Tidak dapat lelah atau bosan. Juga konsisten dalam memberi jawaban dan selalu memberikan perhatian penuh.
f. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks.
g. Memungkinkan pemindahan pengetahuan ke lokasi yang jauh serta memperluas jangkauan seorang pakar, dapat diperoleh dan dipakai dimana saja.

Selain memiliki keuntungan-keuntungan, sistem pakar juga memiliki kelemahan, diantaranya adalah:
a. Masalah dalam mendapatkan pengetahuan dimana pengetahuan tidak selalu bisa didapatkan dengan mudah karena kadangkala pakar dari masalah yang kita buat tidak ada, dan kalaupun ada kadangkala pendekatan yang dimiliki oleh pakar berbeda-beda.
b. Untuk membuat suatu sistem pakar yang benar-benar berkualitas tinggi sangatlah sulit dan memerlukan biaya yang sangat besar untuk pengembangan dan pemeliharaannya.
c. Boleh jadi sistem tidak dapat membuat keputusan.
Kelemahan-kelemahan dari sistem pakar tersebut bukanlah sama sekali tidak bisa diatasi, tetapi dengan terus melakukan perbaikan dan pengolahan berdasarkan pengalaman yang telah ada maka hal itu diyakini akan dapat diatasi, walaupun dalam waktu yang terus menerus.
Konsep Dasar Sistem Pakar
Menurut Efraim Turban (1995) konsep dasar sistem pakar mengandung beberapa unsur atau elemen, yaitu keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan. Keahlian merupakan suatu penguasaan pengetahuan di bidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman. Contoh bentuk pengetahuan yang termasuk keahlian:
a. Fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu.
b. Teori-teori pada lingkup permasalahan tertentu.
c. Prosedur atau aturan-aturan berkenaan dengan lingkup permasalahan tertentu.
d. Strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah. e. Meta–knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan).

Semoga bermanfaat ……….. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s